Sunday, May 17, 2015

Review / Ulasan MODEM ZTE MF 60 mifi portable

Sahabat CM, Penasaran bikin wifi hotspot dirumah maka saya memutuskan membeli ZTE MF60. Maklum sebagai bloger butuh koneksi internet yang paling tidak bisa buat oles oles website kesayangan. Keputusan yang panjang untuk meminang si mungil tipis nan elegan ini. Mulai dari komparasi harga versus temen sejawatnya bolt dan mifi yang lain semacam hame atau prolink.

Screeshot menunjukan halaman home modem yang dapat diakses via browser dengan memasukan alamat url modem ( alamat url seperti pada contoh screen shoot, juga tertera di buku manualnya).
Mantapz gan... Singkat cerita dari sisi dimensi dan fitur gak mengecewakan. Setelah hotspot dinyalakan jangkauanya tidak mengecewakan.

Beberapa operator yang dicoba di tempat saya di sekitar kelurahan sukapura Jakarta Utara -- menghasilkan perbedaan respon dari modem. Mulai dari lemot dan lancar dan respon lain berupa modem panas yang diakibatkan oleh signal yang dipancarkan "terpaksa" oleh si modem.
Berikut ini ulasan ringkasnya. Ulasan ini bukan pesanan vendor manapun. Murni inisiatif buat ngisi blog dan berbagi dengan pembaca blog ;

Kartu 3, tri
Koneksi internet cukup baik (tidak diukur speednya karena tdk punya sofwarenya) respon modem panas, 10 menit diskonek dan hampir berulang sekitar Interval waktu segitu. sinyal juga tidak full bar. Di modem sering muncul 2 sampai 4 bar. Dugaan saya karena over heat sehingga diskonek jaringan internetnya. atau modemnya yang hang.
Saya akali dengan menaruh modem di deket kipas exhaust hasilnya modem terjaga suhunya dan lancar. Tinggal siapkan paket datanya saja.

Kartu indosat
Modem suhunya stabil, hangat normal. Koneksi juga jarang diskonek hanya download dan uplot relative lemot karena analisa saya sesuai dengan paketan intrnet yang tersedia opetator memang buat speed biasa. Saya pakai kartu indosat internet 3 giga. Tapi yang digaris bawahi sinyal sering full bar dan tidak panas.

Kartu axis
Sinyal full bar. Penuh sekali. Suhu modem sangat adem hampir kaya ga dipakai saja. Tapi koneksi juga ndut ndutan ini lebih karena dugaan saya dari pihak operator memberikan limit speed dan terkadang bener bener bikin sakit hati alias full diskonek. Maksudnya bener bener kaya hape ga ada koneksi internet walau indikator sinyal full. Tadi paket yang saya gunakan adalah paket data mingguan axis. Sementara saya coba dengan kartu xl biasa dengan paket super ngebut hasilnya luar biasa. Saya gunakan di jam 7 pagi ketika paket data quotanya banyak. Hasilnya sangat memuaskan. Youtube, browsing lancar semua dan juga modem masih terjaga suhunya (hangat normal). Kondisi pasti berbeda ketika jam beban puncak apalagi paket datanya dengan quote yang terbatas. Saran saya hati hati saja jebol pulsa karena speed yang diumbar ini.


Kartu as telkomsel
Sedang di trial
Tunggu ya ulasanya di sesi berikutnya. Salam dari catatan motivasi...

1 comment:

  1. saya juga pake ZTE MF60 bisa nyala tapi nggak konek ke provider dan nggak muncul waktu di scan pake wifi hape, kira-kira kena apa ya gan?thanks

    ReplyDelete