Sunday, January 2, 2011

Story telling Dale Carenigie 1



Prinsip yang dipakai :
  1. Memulai dengan cara yang ramah.
  2. Ajak lawan bicara anda bicara banyak
Kejadianya pada tanggal 7 april 2010 sekitar jam 17.00 pada waktu itu terlihat produk bontea yang diproduksi di APV V terlihat agak buram. Saya mencoba mengarahkan QC lapangan saya untuk melakukan komplain ke pihak operator. Selain itu saya sendiri juga mencoba berhadapan langsung dengan rekan-rekan operator ( heri, nana dan kawan-kawan ).
Saya coba ajak mereka berbicara tentang mesin tersebut, analisis permasalahan berdasar sudur pandang mereka. Saya berusaha semaksimal mungkin memulai dengan cara yang ramah. Karena biasanya untuk menangani permasalahan-permasalahan di lapangan yang terjadi justru pihak QC dan produksi sering perang argumentasi ( untuk orang tertentu ).
Saya mencoba mendengarkan terus apa analisis mereka (operator). Sambil perbaikan proses masih terus dilakukan.
Sampai dengan sekitar jam 17.30 wib warna masih terlihat buram dan agak hitam. QC lapangan waktu itu sdr. Dedi juga menginformasikan ke saya tentang perkembangan warna yang masih belum membaik
Setelah saya kembali terjun ke lapangan terlihat memang warna permen terlihat masih buram dan agak hitam. Saya memutuskan stop mesin karena permen yang keluar dari incorporator sudah keluar dari standar.
Yang membuat saya cukup apresiasi ke mereka, ketika melihat teman-teman produksi dapat dengan aktif berusaha menyelesaikan masalah tanpa adanya perang argumentasi satu sama lainya termasuk dengan QC.
Mesin di stop dan satu persatu potensi penyebab warna yang buram di dianalisa untuk diperbaiki agar ketika start nantinya warna diharapkan kembali normal.
Dengan cara diatas saya telah mengunakan prinsip :
  1. Memulai dengan cara yang ramah
  2. Ajak lawan bicara anda berbicara banyak
Himbauan saya gunakan prinsip : memulai dengan cara yang ramah dan ajak lawan bicara anda berbicara banyak agar dapat memecahkan masalah dengan lebih baik tanpa harus perang argumentasi walau terkadang masih adanya perbedaan pendapat.

No comments:

Post a Comment