Friday, June 28, 2013

HASIL RESUME TRANSKRIP WAWANCARA SEBAGAI CHIEF QC

HASIL RESUME WAWANCARA SEBAGAI
CHIEF QC

HASIL = HIRED / LOLOS

P = pewawancara
S = saya

P = selamat siang
S = selamat siang pak
......bla bla bla basa basi ngobrol lain ......

P=posisi apa anda sekarang bekerja? Job descnya?
s=posisi saya sekarang adalah spv qc pak. Saya bertugas untuk melakukan pengontrolan terhadap proses disetiap tahapanya agar sesuai dengan kriteria atau spesifikasi yang diinginkan. Dalam pengontrolan saya memiliki 4 orang staf saya yang ditempatkan di beberapa titik pengontrolan.
Selain itu saya juga melakukan pengontrolan instrumen alat ukur bersama team kalibarasi. Saya adalah bagian dari team kalibrasi yang bertugas melakukan kalibrasi innstrumen ukur yang ada di lapangan.
Job berikutnya adalah melakukan analisa produk retur pasar. Analisa berupa jenis defect retur beserta justifikasi klaim apakah bisa di terima oleh prinsipal atau dibebankan ke distributor.
Job lainya lagi adalah pengontrolan dokumen ISO QC, karena perudahaan kami ini sudah impementasi isi 9001 ; 2008 Iso 22000 v 2005. juga saya aktif dalam bagian team audit internal yang melakukan tugasnya secar periodik

p=kenapa anda ingin keluar?
s=sebenarnya saya bukanya ingin keluar pak. Terkesan kalau saya ingin keluar ada sesuati yang tidak nyaman di pekerjaan saya. Saya merasa ketika saya punya potensi untuk berkembang dan mengexplorasi ilmu pengetahuan saya maka saya harus kembangkan itu agar menaikan karir saya.karena sebagai manusia yang normal saya merasa ada tantangan baru yang lebih baik Di pekerjaan saya sebelumnya juga saya sudah banyak diberikan kesempatan dan tawaran berkembang. Tetapi karena satu dan lain hal, saya belum dapat terima tantangan itu karena pertimbangan keluarga. Sehingga saya merasa perlu mencari peluang di tempat lain agar saya dapat mengembangkan karir saya tanpa mengorbankan keluarga.
P=berapa jumlah anak buah anda?
s=saya hanya memilik anak buah lagsung sebanyak 4 orang. Dan anak buah gak langsung 3 orang. Anak buah gak langsung ini yang saya maksud adalah staf analis dan staf retur. Satu sisi secara struktur dia bertanggung jawab langsung ke manager qc tetapi dalam fungsi tugas dan pekerjaan seringkali banyak interaksi dengan saya dalam hal pengambilan keputusan.
p=bisa dijelaskan prestasi yang pernah anda raih di perusahaan sebelumnya?
S=1. Memenangkan qcc award juara 2 tahun 2012. saat presentasi disana saya sebagai presenter. Team saya mengambil tema tentang manaikan standar isi tepat standat mencapai 70%.
  1. efisiensi lose yang mencapai penghematan 10jt perbulan secara matematis. Potensial Lose ini dapat ditangani dengan beberapa actian plan yang dibuat oleh team (2012)
  2. melakukan improove efisiensi listrik sampai dengan 6jt per bulan. Dengan menganalisa dan mengevaluasi proses kerja produksi sehingga ada beberapa titik yang dapat dilakukan penghematan kelistrikan (2011)
  3. berhasil menjadi audit internal dan beberapa kali menjadi kepala team auditor (2007-sekarang)
  4. lolos ujian SPC saat training SPC di surabaya (2013)
  5. dll
p=apa tantangan terberat ketika anda memimpin?
S=1. tantangan berat adalah ketika teamwork sudah berantakan. Kejadianya tahun 2012, sewaktu isu demo besar besaran karyawan terjadi di bekasi di perusahaan saya juga mengalami hal yang sama. Karyawan merasa diatas angin karena solidaritas antar serikat sedang bagus. Kompak. Kesulitan yang ada adalah ketika kondisi ini membawa dampak psikologos ke pekerjaan sehari hari. Lebih sulit diatur. Lebih banyak menuntut hak. Dan saya tangani kondisi ini mengacu pada legal perundangan yang berlaku dan mengacu pada KKB yang ada. Sebab jika saya menggunakan cara yang tak berdasar saya akan dianggap konyol oleh karyawan karena domain hak dan kewajiban yang dimaksuda adalah sudah ada aturan hukum yang jelas.
  1. tantangan berat selanjutnya adalah ketika berhadapan dengan karyawan yang senior/usia lebih tua dan dia mendominasi pengambilan keputusan. Cara menangani yang sudah saya jalankan adalah dengan sedikit keluar dari kotak / out of the box . Saya membangun pengaruh dengan cara lain. Literatur buku kevin hogan menjelaskan bahwa yang membuat orang berpengaruh atau membangun pengaruh; 1 usia lebih tua, 2. struktur organisasi diatasnya, 3. lebih pintar, 4. lebih banyak harta, 5. history prestasi yang lebih baik, type senior yang mendominasi ini akan susah digerakan dengan cara cara seperti yang dijelaskan kevin hogan. Cara yang saya tempuh terpaksa adalah dengan “harta”. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan mencari moment mentraktir dia ( SEKALI KALI ), jika ada kesulitan pribadi seperti kekurangan uang buat berobat langsung ambil cara itu untuk membangun pengaruh. Disamping sisi lain diniatkan untuk saling membantu efek lain yang didapat adalah membangun pengaruh. saya harus berhati hati dengan cara ini mengingat bahwa mempengaruhu dengan harta / materi akan beresiko kurang mendidik sehingga saya harus pandai pandai mengatur porsinya.

    3.  Tantangan berat selanjutnya adalah ketika berhubungan dengan rekan kerja dengan karakter bersebrangan. mengacu pada literatur tipe kepribadian memang saya membuktikan di lapangan. ada karakter tertentu yang menurut saya kurang tepat dijadikan karyawan /  staff QC. sehingga seringkali kelemahanya akan berpengaruh terhadap performa team. ketika proses recruitment saya harus berhati hati menentukan type kepribadian sesorang yang saya rekrut menjadi QC tetapi jika mereka sudah menjadi bagian dari team ini adalah keputusan yang sulit untuk memindahkan atau mengeluarkan mereka.
    action yang diambil adalah : berusaha memahami kelebihan dan kekurangan mereka. apalagi tidak bisa dipungkiri bahwa diri kita sendiri adalah memiliki 1 tipe kepribadian yang tentu harus kita ketahui dan pelajari...

p=berapa salary yang ingin anda dapatkan sekarang?
Salary yang ingi saya dapatkan adalah ,..... juta, tunjangan transport ( motor atau mobil )
p=jelaskan kepemimpinan yang anda punya!
S= saya adalah pemimpin yang alami, entah kenapa ketika saya berada dalam kelompok sering sekali bahwa tawaran memimpin selalu diberikan kepada saya. Sedari kecil saya sering menjadi pemimpin upacara, ketua kelas, ketua pramuka dll. Dan ketika saya besar saya mencoba memupuk kepemimpinan yang saya [punya dengan berbagai pengetahuan yang dibutuhkan. Walaupun saya bukan pemimping yang ideal tetapi saya yakin saya bisa menggerakan team, mnginspirasi team


Jika anda butuh aksesoris komputer seperti flasdisk, memory, powerbank card silahkan mampir di



No comments:

Post a Comment