Tuesday, May 26, 2015

Bagaimana Rumus Percaya diri Paling Sederhana??

Bagaimana Rumus Percaya diri Paling Sederhana??
Beberapa orang merasa tidak berani barada di depan temen-temen yang lain padahal mereka hanya segerombolan / forum temen biasa. Dia tidak berani berada di depan untuk menyampaikan ide pemikiranya dan atau unjuk kebolehan kemampuanya. Bahkan untuk menyusun kalimat pembuka sebuah pembicaraan saja menjadi kaku dan kelu. Agaknya sahabat CM, inilah type si orang pemalu. Orang tidak percaya diri. Atau mungkin ketika seorang yang didelegasikan tugas untuk mengunjungi kantor klien, pelanggan atau pemasok, dia gemetar dan tidak tau harus berbuat apa bertemu dengan orang-orang baru nantinya.
Sahabat CM, mari kita pelajari mengapa ada orang yang saking tidak percaya diri sehingga tidak berani melakukan sesuatu yang sangat berharga untuk pekerjaan atau kehidupannya.
Katakan sebagai karakter karikatural si ucok, tidak tidak berani untuk tampil ke muka umum untuk membuka acara dipesta ulang tahun adiknya. Si ucok ketika ditawari untuk membuka dan berpidato di depan berkilah, "saya tidak mampu, kamu sajalah yang bisa dan mampu..."

Ternyata setelah dilakukan pendekatan, Agaknya Si ucok ini sedang mengalami masalah dengan kendala kepercayaan dirinya;
1. Fisik, misal giginya gompal, muka bopeng jadi tidak berani dan malu berada di muka umum
2. Materi non fisik, tidak memiliki baju yang bagus yang layak tampil, tidak memiliki contekan / belum menghafal isi pembukaan.
Kondisi dengan binkai karikatur  seperti diatas dapat terjadi pada diri kita sahabat CM, makanya saya berinisiatif untuk memaparkan dengan cara saya seperti ini.
Nah setelah dianalisa penyebab diatas kita bisa pecahkan satu-satu agar si ucok ini dapat tampil di depan umum. Cara memecahkan masalahnya adalah dengan prinsip merubah apa yang dapat dirubah dan dan menerima apa yang tidak dapat dirubah.

Rubahlah persoalan yang kita mampu merubahnya agar menjadi perbaikan ke arah yang lebih baik. Sedangkan untuk masalah yang tidak dapat dirubah solusinya hanya satu yaitu "terimalah kondisi itu" karena itu adalah kondisi terbaik yang ada pada kita sahabat. Dari kasus di ucok tadi yang kita mampu perbaiki adalah ;
1. Fisik, gigi gompal adakah solusi untuk mengobati gigi? memperbaiki muka bopeng? jika ada dan berkenan perbaiki jika tidak sadarilah ini adalah kondisi terbaik karunia Allah yang harus kita terima. Terimalah diri ini seperti ini. Lepaskan beban dan ikhlaskan....
2. Materi non fisik, carilah pakaian yang paling sesuai yang mampu kita pakai. Latihan mengisi acara pembukaan sebaik mungkin agar siap di hari H. Minta bantuan bimbingan saudara yang mampu memberian bimbingan.
Jika sudah dianalisa dan dilakukan hal-hal
yang dapat memperbaiki terimalah diri ini apa adanya. Apa kekuatan dan apa kelemahan itu adalah kita. Terima diri itu adalah rumusnya!!!.
Setelah itu sempurnakan dengan menghargai diri. Lihatlah diluar sana banyak orang lain dengan kondisi yang berada di bawah kita maka hargailah diri ini. Cara paling gampang adalah dengan melihat dan menonton cerita cerita inspirative.
Bukankah ada seorang komposer lagu dengan prestasi bagus padahal dia sendiri tuli?
Bukankan ada seorang yang tidak bertangan dan kaki tapi mampu menyanyi lagi seriosa dengan baik??
Bukankah ada seorang yang maaf cacat fisik buta tapi dia mampu tampil di panggung dengan menyanyi lagu indah?
Bukankan ada seorang yang maaf buta tetapi dia masih mampu membaca alquran braile dan hafalan?

Cerita-cerita seperti itulah yang berfungsi untuk memberikan inspirasi agar membuat percaya diri kita terdongkrak naik. Kita menjadi sadar betapa berharganya diri ini diciptakan Allah. Dan akhirnya mampulah si ucok tampil di depan panggung untuk membawakan pembukaan acara ulang tahun adiknya di depan puluhan tamu yang datang kerumahnya.

Akhirnya dengan analisa seperti cara diatas, panggung megah dengan layar besar di kiri dan kanan, disorot dengan kamera dari berbagai arah, tata lampu yang dahsyat dan disaksikan oleh pemilik perusahaan direksi dan menejer perusahaan, akhirnya kitalah juga yang dengan bangga tampil ke panggung membawakan materi tentang perkembangan perusahaan dan project-project dahsyat di tahun ini.
Rumus percaya diri adalah = Terima diri + hargai diri
Rumus Percaya diri / Confidence formula

Sahabat CM kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika saya tampil di sebuah hotel mewah di jakarta untuk mempresentasikan project dalam Award perusahaan. Kondisi saya secara fisik Alhamdulillah tidak ada yang perlu di minderkan, kondisi saya secara pendidikan mungkin hanya nge"pas" saja. Saya hanya lulusan D3 sekolah tinggi swasta dimana perkuliahan saya adalah mengambil extensi kuliah sore / kuliah karyawan. Saya membiayai kuliah saya sendiri. Sampai saat ini saja untuk "Nyetir" mobil saja saya tidak bisa. Karena memang kondisi ekonomi belum mengijinkan saya untuk memiliki mobil. Saya sadar audience di hotel semegah itu rata-rata pendidikannya dan posisi di pekerjaanya pasti bukan orang sembarangan. Jebolan S1, S2 universitas ternama, dengan posisi manajer, dengan latar belakang ekonomi berada. Mobil pribadi adalah barang biasa. Dan inilah yang membuat saya kurang percaya diri. 

Akhirnya agar memberikan penampilan terbaik, saya mempelajari terus materi presentasi. Saya hafalkan kalimat presentasi, dipilihlah kata-kata terbagus yang akan saya lantunkan di panggung nanti. Slide presentasi dibuat sebagus mungkin. Saya mungkin beruntung sekali karena atasan saya mensupport sekali ketika proses penyusunan materi presentasi. Saya terima diri apa adanya dengan kondisi saya. Saya menghargai diri ini adalah karunia allah terbaik buak keluarga kami. Pakaian yang gunakan untuk presentasi saya cek beberapa kali agar tidak menimbulkan masalah saat di panggung nanti. Alhamdulillah disini istri mensupport dengan menyetrika rapi dan mengecek sekali lagi kancing baju, jahitan dan memastikan tidak ada masalah. Memang pakaian yang saya gunakan adalah bukan dari Brand ternama yang harganya mahal, tetapi saya pastikan rapi dan pantas. Terima kasih istriku atas supportnya kali ini I love you......

Saat hari H datang, ketika presentasi, dada berdegub kencang sahabat CM, saya berusaha untuk tenang di panggung. 15 menit adalah waktu yang disediakan oleh panitia ke saya, 5 detik pertama saya manfaatkan untuk meliat ke arah audience, dari kiri ke kanan. saya lemparkan senyum saya. Inilah saya ... dalam hati saya.... Saya siap disorot bos-bos saya, Saya siap disorot oleh pemilik perusahaan tempat saya bekerja. , bismillahirrahmanirrohiim... saya serahkan segala daya upaya saya kepada Allah. saya mulai presentasikan project saya di Awward kala itu. 
Setelah berlalu 15 menit dan presentasi selesai. saya berjalan turun panggung menuju tempat duduk saya.
Alhamdulillah, saya mendapat applause dari seluruh hadirin. Gemuruh tepuk tangan membuat saya bahagia. Ruangan hotel dengan luas sekitar 50x50 meter berhasil saya kuasai. 
Setelah saya duduk bos di sebelah saya membisikan kata kata ke saya -- Presentasi kamu bagus!!!
Sahabat CM mari kita terus memotivasi diri untuk dapat menjadi pribadi yang percaya diri.



No comments:

Post a Comment