Monday, May 25, 2015

Orang Plegmatis Tau Detail Tapi Lemah dalam Delegasi Tugas Sehingga Mudah Stress

Sahabat CM, kali ini adalah artikel murni tulisan saya resume dari pembelajaran kepribadian. Kita bicara tentang type plagmatis. Stress paling banyak menghinggapi type orang plegmatis dan sanguinis. Type sanguinis sedikit masih bisa berekspresi dan memuntahkan perasaanya (lewat syair, musik, atau amarah dll)  tapi type plegmatis masih terlihat tenang. Bukan berarti tenang dalam artian jiwanya damai, santai, tapi memang alami kesehariaanya. Seperti api dalam sekam
Ini malah tidak bagus ketika dikaitkan dengan kesehatan fisik. Bagaimana tidak?? orang dengan kondisi tertekan dan ketakutan, kekhawatiran dan perasaan negatif lain akan memberikan efek yang negatif juga. Yang paling terasa adalah rasa tidak nyaman karena perasaan tersebut. Efek berikutnya adalah mengganggu ritme makan, tidur atau istirahat. Rekaman apa yang terjadi hari ini gampang sekali diputar malam ini ketika menjelang tidut bagi si plegmatis.
Si plegmatis suka menghindari konflik karena secara natural mereka memang tidak tahan terhadap tekanan sehingga lebih suka menghindari penyebab tekanan. Bahkan mungkin sesekali demi menghindari konflik mereka mau mengorbankan sedikit materi miliknya.
Orang lain nyaman sekali curhat dengan si-plegmatis tetapi sadarlah bahwa kenyamanan anda harus ditakar porsinya. Si plegmatis punya hak juga untuk bicara tentang dirinya sendiri, hidupnya tidak melulu untuk mendengarkan keluh kesah orang lain. Bagi si plegmatis, himbauanya untuk menyadari tentang dirinya sehingga kelolalah stress anda sehingga anda dapat lebih bisa menikmati hidup. Belajarlah mengatur porsi untuk dapat mengelola konflik. Ini tidak dapat dipaksakan memang tetapi dengan menyadari ini seyogyanya porsi tertekan, khawatir maupun perasaan negatif lain dapat dikendalikan.
Ketika plegmnatis dalam dunia kerja, dia adalah orang yang dapat diandalkan untuk melakukan detail pekerjaan. Analis, Quality Control, Riset, Programer adalah bidang yang tepat untuk digelutinya. Jika ada time table atau jadwal kerja mereka si plagmatis adalah orang yang tepat waktu dan tidak banyak alasan untuk menolak. Dia paling taat tanpa harus ditagih. Sayangnya ketika didaulat menjadi pemimpin kelemahanya adalah ketika proses delegasi. Akan menjadi tidak masalah jika delegasi diberikan ke sesama plagmatis atau ke melankolis, tetapi akan menjadi kesulitan ketika bertemu dengan team atau rekan dengan karakter terutama koleris dan sanguinis. Perlawanan yang kuat akan terasa. Terkadang dengan data yang cukup kuatpun si plegmatis masih kewalahan untuk mengalahkan argumen si kolerik. Inilah biang munculnya stress bagi si plagmatis.
Saran untuk plagmatis ;
  1. Belajar membagi waktu antara waktu kerja dan waktu pribadi. Jangan sampai waktu dirumah digunakan untuk memutar rekaman perdebatan saat bekerja tadi siang. sayangi energi ini.
  2. Pelan pelan belajar delegasi dimulai dengan kalimat yang santun. Agar dapat membuat instruksi dengan lebih bebas dan menjadi orang dominan buatan dapat dilakukan dengan teknik tabungan emosional. Artikelnya adalah disini http://www.c-motivasi.com/2015/05/tabungan-atau-rekening-emosi.htmlhttp://www.c-motivasi.com/2015/05/tabungan-atau-rekening-emosi.html
  3. Banyak banyak mencari inspirasi atau mencari teman yang dapat menjadikan motivator

Silahkan buka artikel tentang 4 karekter kepribadian untuk memahami ulang type kepribadian sahabar CM di http://www.c-motivasi.com/2015/05/type-kepribadian-manusia-koleris.html

No comments:

Post a Comment