Wednesday, July 1, 2015

Teknik Mempermudah dan Mengingat Nama Orang

Menyebut nama orang lain adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap pemiliknya. Apabila kita berkenalan dengan relasi baru, pasti akan sedikit mengalami masalah saat menyapa, memanggil atau memberikan pujian ke orang tersebut oleh karena kita belum tau nama orang / relasi baru kita tersebut. Masalah dapat berasal dari nama yang sangat asing di telinga kita atau karena beban ingatan kita yang terlampau banyak sehingga tidak sempat mengingat namanya dengan cepat.
Sapaan juga akan lebih enak jika yang kita langsung gunakan namanya saat menyapa. Disini sahabat CM, akan saya ajak untuk mengenal teknik mengingat nama orang. Tujuanya agar memudahkan mengingat nama dan melancarkan komunikasi dengan relasi baru kita tersebut. Secara garis besar, ada beberapa cara untuk mempermudah mengingat nama orang lain.

1. Mengetahui nama jelas dan ejaanya.
Ketika kita berkenalan dengan nama yang berbau asing,
maka sedikit memberikan kesulitan untuk mengingatnya. Kita berkenalan dengan Dave, Arnold, Fawwaz tentunya akan sedikit berbeda ketika
berkenalan dengan nama Toni, Bambang atau Asep. Minimal nama indonesia tanpa harus dieja kita mengerti cara penulisanya. Sahabat CM, Tidak salah jika kita mengkonfirmasi ejaan nama seseorang ke pemiliknya agar kita tidak salah sebut dikemudian hari. Kita bisa mengawali dengan kalimat "apakah ejaan nama anda D - A - V - E    ?".
2. Pengulangan
Dalam membantu mengingat nama relasi baru kita, teknik berikutnya yang dapat kita aplikasikan adalah mengulang-ulang namanya dalam obrolan kita. Selipkanlah namanya saat kita bertanya sesuatu atau memanggilnya. Misalnya : "betul sekali pak dave, ide bapak memang tergolong masih baru. Gemana jika pak dave menuangkan ide tersebut ke proposal? Tentu pak dave akan sangat didukung atasan". Contoh berikutnya ; "Oiya mas bambang, tadi uji coba mesinya lancar kan? Mas bambang sudah melihatnya?"
Dengan sendirinya ketika kita sering menyebut nama "dave" dan atau "bambang" akan membantu juga mengingat nama orang tersebut. Antisipasi sedini mungkin ketika kita mau memanggil yang bersangkutan kita kelupaan namanya. Misal ; "mari kita ke kantin pak..) #)\/(- lupa nama8)(&*^^"
Akan lebih elegan jika langsung jelas " mari kita ke kantin pak dave, kita makan siang bersama".
Perlu diingat pengulangan juga perlu diatur agar tidak berlebihan. Kendali ada di kita bagaimana porsi yang tepat saat pengulangan penyebutan nama.

3. Imagi / bayangkan sesuatu tentang namanya.
Jika kesulitan mengingat nama relasi baru kita masih terjadi, kita dapat menggunakan jurus imaji. Kita mencari persamaan namanya dengan apa yang kita kenal sebelumnya. Semisal kita berkenalan dengan orang bernama arnold. Sementara nama ini susah diingat oleh kita, Kita bayangkan kita berkenalan dengan sesosok aktor film terkenal arnold swarzineger yang kita tahu. Bayangkan si pemeran terminator tersebut sedang berada bersama kita hari ini. Sehingga kita dapat menyapanya dengan mudah. Ingat ini hanya untuk teknik mengingat namanya saja. Berikan kesan yang wajar pada perlakuanya. Bukan lantas kita memperlakukan dengan menganggap dia seorang terminator dalam film sesungguhnya.

4. Jurus yang terakhir adalah dengan menulis di catatan kecil.
Apabila ketiga jurus diatas masih susah untuk mengingat nama, kita dapat menuliskan di kertas kecil yang kita pegang selama interaksi, ini adalah jurus yang laling terakhir jika jurus yang lain tidak mempan. Tentu catatan nama tersebut jangan gampang terlihat oleh pemilik nama tersebit karena terkesan tidak etis. Atau kita dapat mengakalinya dengan menuliskan di layar ponsel kita agar tidak terlihat extrim.
Sahabat CM bagaimana ilmu baru hari ini?? Adakah yang dapat langsung diaplikasikan?

dalam level yang lebih profesional, saking pentingnya menyapa dengan nama, banyak perusakaan menggunakan bed nama di bajunya agar memudahkan karyawan satu dan lainya saling kenal. ini diadopsi juga oleh instirusi lain ( seperti sekolahan, kantor polisi, pemda ). Nah bagaimana jika kita berkenalan dengan klien atau rekan bisnis atau bahasa yang lebih sederhana temen dagang?? tidak mungkin kita menemui rekan klien, partner usaha kita di rumah makan dengan kondisi santai dan menggunakan baju ber bed nama kan?? kita dapat menambahkan trik sederhana lagi dengan menggunakan kartu nama / business card. kartu nama yang paling utama pasti berisi nama pemiliknya. banyak hal dapat kita peroleh dengan adanya kartu nama mulai dari nama, alamat, nomor HP dan jenis usaha atau pekerjaan pemiliknya.


No comments:

Post a Comment