Tuesday, January 26, 2010

Membuat logo TV one dengan corelDRAW








Sekarang akan kami contohkan bagaimana membuat sebuah logo dengan menggunakan aplikasi corelDRAW yang telah kita pelajari bersama. Walaupun tidaklah sama persis tetapi paling tidak kita mendapat pelajaran dan ilmu baru tentang teknik-teknik pada corelDRAW. Karena tentunya logo TVONE yang aslinya tentunya sudah mendapatkan hak paten dari si pemiliknya dan kita juga tidak tahu aplikasi apa yang mereka gunakan dan warna merah jenis apa yang mereka juga gunakan. Karena kita juga tahu di dunia ini banyak berjuta-juta warna hasil dari kombinasi warna pokok, sedikit sulit memang menerjemahkan warna apa yang kita lihat ke dalam elemen warna pokok pembentuknya.
Langkah pertama dalam membuat logo tvone adalah menjalankan aplikasi corelDRAW dan siapkanlah dokumen baru yang masih kosong seperti pada gambar berikut:
















Nah langkah berikutnya adalah membuat lingkaran yang nantinya akan membentuk huruf O pada logo tvone. Sebagai contoh saja gunakan elips tool ( F7 ). Atau klik saja tombol elips tool kemudian arahkan pointer yang sudah berubah menjadi senjata mematikan untuk membuat lingkaran, dan buatlah lingkaran di kertas kerja dengan ukuran secukupnya. Hehehehe…. Maksud saya dengan senjata mematikan adalah bahwa pointer tersebut setelah menekan tombol elips tool siap membuat lingkaran dengan operasi dragging.
Setelah lingkaran terbuat dibuat maka aturlah warnanya dengan warna yang kita anggap paling mendekati warna logo aslinya. Klik pada lingkaran dan pilih warnanya pada pallet warna yang tersedia di layar corelDRAW bagian kanan. Pada contoh yang penulis buat mungkin warnanya agak sedikit berbeda dengan warna logo aslinya. Nah untuk lebih jelas dimana posisi tools-tools yang tadi saya maksud, lihat gambar dibawah ini mudah-mudahan ilustrasi dibawah bisa membantu anda.















Setelah bola berwarna merah kita buat maka selanjutnya kita akan membuat sebuah siluet atau bayangan angka 1 berwarna putih yang seakan akan berada menempel pada bola tersebut. Caranya adalah dengan pen tool yang saya tunjukan posisinya pada gambar diatas. Pencet tombol pen tool dan kemudian klik ke kertas kerja dengan membentuk angka 1 yang menempel pada bagian bola merah. Cara mengklik adalah satu persatu dari sudut ke sudut sampai garis membentuk angka 1 seperti pada gambar dibawah ini.
Tentunya saya mengandalkan imajinasi anda agar bentuknya dapat lebih menyerupai logo asli yang ada di tivi. Hehehe… saya sarankan main laptopnya sambil ngopi dan nonton tvone agar bikin logonya bisa sambil nyontek di tipi buat latihan… mmmmm…. Maksud saya bukan mbajak logo lho bang one….. suer dah….















Setelah angka 1 terbentuk seperti pada langkah atas maka selanjutnya membuar efek angka 1 berwarna putih. Sebenarnya ada beberapa cara tetapi akan saya coba tunjukan satu cara yang menurut saya paling mudah. Pertama agar pointer tersebut terbebas dari perintah-perintah pada tombol tool maka klik pada pick tool. Pointer akan berubah menjadi anak panah biasa. Selanjutnya klik pada angka 1 yang telah kita buat dan sambil menekan tombol shift klik pula lingkaran berwarna merah. Sehingga dengan langkah ini ada dua karakter yang kita blok yaitu karakter angka 1 dan karakter lingkaran berwarna merah.
Setelah itu cari tombol trim dan pencetlah tombol trim tersebut. Dengan langkah ini kita seakan-akan memotong lingkaran berwarna merah pada bagian yang bersinggungan dengan angka 1. maka pada angka 1 akan menjadi berwarna putih.










Nah sekarang kembali pencet pick tool dan klik angka 1 yang telah kita buat dengan susah payah tadi dan tekan tombol delete. Karena memang angka 1 yang telah kita buat tadi hanya sebagai alat bantu untuk memotong lingkaran merah. Nampak sudah lumayan indah kan????











Untuk langkah selanjutnya adalah ketikan tulisan “tv” disebelah kiri lingkaran dan tulisan “ne” di sebelah kanan lingkaran, caranya cukup gampang, pertama pencet tombol tool yang berbentuk huruf “A” karena memang fungsi tool tersebut adalah untuk memasukan text ke kertas kerja. Untuk jenis font dan ukuran huruf saya serahkan ke anda-anda semua kira-kira jenis huruf apa yang bentuknya pas dan font / ukurannya juga diatur proporsinya dengan gambar bola merah yang kita buat.










Oke… !!! tampilan sudah mulai terasa indah dan hidup. Tapi ups…… warna hurufya kok masih hitam??? Tenang saja. Masih ada jurus-jurus andalan yang kita gunakan untuk merubah tampilan warna huruf. Tentunya sangat mudah, blok saja huruf yang kita buat. Tentunya cara meng-BLOK harus dalam kondisi tombol “A” sebagai tool memasukan text dalam kondisi aktif. Setelah di blok maka klik lah warna yang kita inginkan pada pallet warna.














Oh iya… pada bagian awal saya juga sudah memberitahun posisi tool untuk pilihan warna lho….

Wah…ini dia hasil akhirnya. Bagus bukan??? Awas kalo pada rame–rame njawabnya “BUKAN!!!!” hehehe….. bisa bisa yang ngajarin jadi kesel dan ngambek hehehehe…..















Setelah gambar logo sudah selesai tinggal kita simpan file-nya. Beres dah……

Untuk menyimpan file pun kita masih punya pilihan format apa yang kita inginkan. Kita dapat menyimpan dalam format CDR. Yaitu format project corelDRAW. Tetapi apabila kita ingin menyimpan dalam format gambar lain missal jpg, bmp atau fotmat-format lain, aplikasi corelDRAW juga mampu menyimpanya kok. Sekarang silahkan selamat berkarya dan semoga anda dapat mengexplorasi lebih dalam lagi dari sekedar contoh yang saya bawakan ini.
Oh ya kalo ada kalimat yang kurang jelas silahkan hubungi saya. Barangkali saya nanti bisa membantu.

No comments:

Post a Comment