Monday, May 11, 2015

Apakah Pemimpin yang dibenci Anak buahnya sudah pasti gagal?


Apakah Pemimpin yang dibenci Anak buahnya sudah pasti gagal?
Dibenci dan disukai adalah sesuati yang subjective. Dibenci adalah bentuk bahwa atribut yang melekat pada seorang pemimpin tidak dapat diterima oleh orang yang membencinya. Mungkin gaya bicaranya, gaya pakaiannya, mungkin juga atribut lain yang masuk kategori SARA. Dia jawa, dia cina, dia ambon dan lain lain. Atau mungkin dibenci karena track record secara pribadi, dia pernah berurusan dengan saya urusan pidana.
Atribut yang membuatnya dibenci sekonyong konyong membuat seorang pemimpin seakan-akan gagal dalam memimpin teamnya. Sekonyong-konyong, seolah-olah gagal itu saja. Tidak gagal secara mutlak.
Bahkan tidak jarang ada pemimpin organisasi yang secara personal banyak masalah tetapi dia dapat membawa organisasinya maju dan berkembang.
Adalah sosok mengisipirasi Alm. bapak Soeharto, banyak yang membenci dan menyukai, Sosok Presiden Jokowi banyak dicintai atau mungkin juga banyak yang membenci itu bukan tolak ukur gagal atau berhasilnya seorang pemimpin.
Pemipin yang dibenci karena keputusan yang “tidak menyamankan anak buahnya “ tapi sangat bermanfaat bagi team inilah yang mungkin dapat menjadi bentuk pemimpin yang dibenci tetapi berhasil. Pemimpin yang membuat keputusan yang ditentang oleh anak buahnya tetapi berhasil menekan anak buahnya untuk bergerak dan terbukti bermanfaat bagi team dan organisasi. Inilah yang membuahkan pemimpmin dibenci tetapi dia berhasil. Mengingat sebagai pemimpin pasti akan berhadapan dengan sebuah keputusan yang akan tidak disukai anak buahnya.
Sifat alamiah manusia ketika dia sudah bekerja dengan ritme yang nyaman tetapi tiba-tiba saja dirubah dan membuatnya tidak nyaman, tambah capek, ribed, pasti berontak. Pemimpin mengambil alih kewenangan dan berkewajiban menjelaskan dan mengontrol pelaksanaan perubahan tersebut.
Selanjkutnya, pemimpin yang dibenci karena masalah pribadi inilah yang nantinya berakibat menjadi pemimpin yang dibenci dan gagal. Bagaimana mungkin pemimpin yang “menyelingkuhi istri anak buahnya akan disukai mereka” alih-alih mereka tunduk karena posisi jabatan mereka menyimpan bara dalam sekam yang siap panasnya membakar dan menghancurkan. Siap meledak laksana bom waktu dan hanya menunggu moment ketika anggota team mulai membangkang atasan. Walau mungkin instruksi yang diberikan baik dalam organisasi.
Sangat mudah mencari kejelekan orang yang kita benci dan sangat mudah juga mencari kebaikan orang yang kita sukai.
Jangan bangga ketika anda menjadi pemimpin team yang disukai dan jangan berkecil hati ketika anda menjadi pemimpin yang dibenci. ( NEF)
Jika anda membutuhkan keperluan flasdisk, memory, powerbank kunjungi web jual beli kami
www.tokopedia.com/nef

No comments:

Post a Comment